Kisah Terapis dalam Membantu Pasien Berhenti Merokok

 
Masih melanjutkan cerita dan tips dari Abu Khoir, seorang terapis senior yang juga ketua DPD KTPI  (Komunitas Totok Punggung Indonesia) Jawa Barat, pada rehat ketika baksos di Masjid Al Muhajirin Perumahan Graha Harapan, Talajung Cikarang Barat Bekasi. Abu Khoir. Bagaimana beliau membantu seorang perokok berat untuk berhenti merokok. Tipsnya sederhana, katanya. Beliau meminta kepada pasien untuk minum dua sendok makan Minyak Terapi Hau Yo. (Nggak kebayang bagaimana rasanya). Sebelumnya minyaknya di ruqyah terlebih dahulu, untuk menghilangkan efek negatif dan juga memberikan kekuatan positif pada pasien. Namun tips ini jangan sekali-kali dicoba jika Anda tidak memiliki kemampuan dan pengalaman untuk mengatasinya. Karena Minyak Terapi Hau Yo adalah minyak berdosis tinggi. Maka sebenarnya Minyak Terapi Hau Yo tidak disarankan diminum, dan memang tertera pada label agar tidak diminum. Tentu saja jika badan tidak kuat, reaksinya akan luar biasa apalagi jika pasien punya alergi rempah, seperti jahe dan cengkeh.

Setelah pasien minum, reaksinya langsung muntah-muntah, dan buang-buang air, seperti menguras isi perut dan racun dalam tuibuh sehingga tubuhpun menjadi lemas. Beliau sarankan kepada pasien agar minum air hangat yang cukup. Hari itu pasien masih bisa menikmati rokoknya. Hari kedua ia masih merokok, tapi rasa nikmat pada rokok mulai hilang. Akhirnya pasien pun dating dating mengucapkan terima kasih, bahwa rokok sudah terasa tidak enak sama sekali dan tubuhnya sekarang lebih terasa lebih sehat.

Saran: jika Anda terapi dengan cara di atas, Konsumsi juga Minyak Ikan yang mengandung omega 3.

Mengapa orang senang merokok?

Dr Rabinovitz mengatakan, bahwa faktor tekanan dan stress juga berkaitan dengan keinginan untuk merokok.

Jadi kalau Anda merokok, itu menunjukkan hidup Anda tertekan dan stress, maka berhentilah merokok. Gunakan uangnya untuk sedekah dan menebus impian Anda.

Ya, rokok bahayanya lebih dari apa yang Anda tahu saat ini. Selain bisa menyebabkan serangan jantung dan merusak paru-paru, rokok bisa mengganggu fungsi seksual Anda. Belum lagi bisa membuat Anda lebih berisiko terserang kanker paru.
Dalam sebatang rokok, kira-kira ada 600 bahan yang terkandung. Ketika dibakar, sebatang rokok bisa menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia. Setidaknya 70 bahan kimia ini diketahui sebagai penyebab kanker dan banyak di antaranya beracun.
Apa saja bahan yang ada di dalam rokok?

Dikutip dari Lung.org, banyak bahan kimia yang terkandung dalam rokok sebenarnya dipakai dalam beberapa produk yang kita pakai sehari-hari, seperti berikut:
  • ·         Acetone: ditemukan di cairan pembersih kuteks (cat kuku)
  • ·         Asam asetat: bahan cat rambut
  • ·         Amonia: pembersih rumah yang umum digunakan
  • ·         Arsenik: digunakan pada racun tikus
  • ·         Benzene: ditemukan di semen karet
  • ·         Butane: digunakan dalam cairan korek
  • ·         Kadmium: komponen aktif dalam asam baterai
  • ·         Karbon monoksida: tercipta dari asap knalpot
  • ·         Formaldehida: cairan pengawet
  • ·         Hexamine: ditemukan di cairan korek barbekyu
  • ·         Lead: digunakan dalam baterai
  • ·         Naphthalene: bahan dalam kapur barus
  • ·         Methanol: komponen utama bahan bakar roket
  • ·         Nikotin: digunakan sebagai insektisida
  • ·         Tar: material untuk mengaspal jalan
  • ·         Toluene: digunakan untuk bahan cat

Bahaya rokok berdasarkan kandungan utamanya

Seperti dilansir Compund Interest, ada 8 kandungan utama rokok yang memiliki bahaya yang tidak main-main bagi tubuh Anda.
1. Nikotin
Kandungan satu ini merupakan yang paling berbahaya, karena bisa meningkatkan tekanan darah, glukosa darah, detak jantung, dan bersifat adiktif alias membuat kecanduan.
2. Acetaldehyde
Zat ini diketahui sebagai karsinogen (zat penyebab kanker) pada binatang dan mungkin juga karsinogen pada manusia. Ia bisa bertindak sebagai penyebab iritasi pada kulit dan mata, serta saluran pernafasan.
3. N-Nitrosamines
Kandungan ini bisa menyebabkan alat reproduksi Anda rusak. Selain itu juga merupakan karsinogen manusia dan karsinogen paling banyak berupa NNK & NNN.
4. 1,3-Butadiene
Sayangnya zat ini tidak kalah buruknya dengan yang lain, karena ia mengandung teratogen (zat yang bisa membuat cacat) manusia, bersifat karsinogen pada manusia, bisa mengiritasi mata dan telinga, dan mengiritasi saluran pernapasan bagian atas.
5. Benzene
Benzene juga bersifat karsinogen untuk manusia, dan bisa merusak tulang sumsum, membahayakan organ reproduksi Anda, serta menurunkan jumlah sel darah merah dalam darah Anda.
6. Acrolein
Zat ini diketahui bersifat karsinogen untuk manusia, memiliki DNA mutagen, bisa menyebabkan penyakit jantung, dan iritasi pada kulit serta saluran pernapasan.
7. Aromatic amine
Selain bersifat karsinogen manusia, zat ini berhubungan dengan kanker saluran pencernaan.
8. Polyaromatic
Sama seperti Benzene, kandungan ini bisa memengaruhi alat reproduksi Anda. Lalu ia juga mengandung karsinogen dan DNA mutagen.
Hmmm… Bisa bayangkan apa yang terjadi pada Anda bila Anda tidak bisa berhenti mengisap rokok? 


0 komentar:

Posting Komentar

Manual Categories

AU Blogger